Suasana New Normal di Kampung ku


Gambar: salah satu protokol kesehatan


Kehadiran virus Corona telah mengubah tatanan dunia secara singkat. Virus Corona juga menyebar sampai di Indonesia. Hal tersebut turut membuat perubahan bagi negara Indonesia. Perubahan tersebut terjadi tidak hanya di kota kota besar tetapi juga sampai di pelosok desa sekalipun. Perubahan tersebut juga terasa di daerah tempat tinggal saya di  Dukuh Gelanggang RT 02 RW 08 Desa Pamotan Kecamatan Pamotan Kabupaten Rembang. Karena semakin menyebarnya virus ini kebijakan kebijakan terus diterapkan dari mulai satgas covid 19 dari pihak kepolisian dan TNI yang ketat mengawasi masyarakat untuk patuh dengan kehidupan new normal ini.

Program yang di jalankan oleh satgas covid 19 yaitu dengan terus mensosialisasikan protokol kesehatan dari mulai pakai masker, jaga jarak, dan jaga kebersihan. Protokol kesehatan harus dijalankan oleh setiap individu atau keluarga. Hal yang mudah dilakukan oleh setiap keluarga  di daerah tempat tinggal saya dengan menyediakan fasilitas cuci tangan yang juga menjadi salah  satu protokol kesehatan covid 19 . Fasilitas cuci tangan tersebut disediakan di depan rumah warga agar warga selalu ingat kebersihan setiap kali masuk ke rumah. Tidak hanya cuci tangan, hal yang penting untuk dilakukan yaitu penggunaan masker untuk melindungi diri dari penyebaran virus corona.  Penyebaran virus Corona ini juga sangat mengganggu kegiatan sosial yang biasa dilakukan seperti kegiatan tahlil atau hajatan yang mengharuskan semua orang harus pakai masker dan jaga jarak. Tidak hanya itu, kegiatan yang terganggu karena virus ini yaitu misalnya dari kisah saya yang pada dasarnya bapak saya bermata pencaharian sebagai pedagang sedikit terganggu karena biasanya orang yang berkerumun lebih suka jajan tetapi di masa ini jarang sekali orang yang keluar rumah ataupun berkerumun. Oleh karena itu pemasukan berkurang sedangkan kebutuhan terus berjalan. Tetapi keluarga saya sedikit terbantu dengan adanya bantuan dari pemerintah atas kondisi ini sebesar Rp 400.000/2bulan. Bantuan tersebut sangat berarti untuk masa masa sekarang karena banyak sekali masalah masalah yang muncul akibat perubahan perubahan yang terjadi di masa pandemi ini.

Perubahan perubahan kebiasaan yang terjadi di masa pandemi ini atau sering disebut new normal seperti stay at home, work from home, sosial distancing, physical distancing  sangatlah menyulitkan semua orang dari berbagai kalangan. Tidak bisa dipungkiri semua lapisan masyarakat terkena dampak ini. Tetapi kita harus mulai beradaptasi dengan kebiasaan ini  seperti memakai masker, jaga jarak, stay at home. Walaupun ini tidak mudah tetapi kita harus mulai membiasakan hal ini dari  yg biasanya kita  keluar tanpa masker kini kita diharuskan pakai masker tetapi dengan kondisi ini kita wajib pakai masker. Tidak hanya dengan adaptasi pakai masker kita juga harus berhadapan dengan adaptasi yang sangat membuat pro dan kontra banyak orang yaitu kita diharuskan diam di rumah atau stay at home. Dan hal tersebut banyak memunculkan masalah yang terjadi di masyarakat. Ditambah lagi  sekarang  para siswa harus belajar di rumah secara daring. Tetapi, semua itu kita harus mulai beradaptasi dengan kondisi tersebut walaupun banyak masalah masalah yang muncul dari kebiasaan baru tersebut.

Masalah masalah yang timbul akibat kebiasaan baru ini sangatlah bermacam macam dari mulai masalah sosial, ekonomi, dan lain sebagainya. Contoh saja masalah yang ditimbulkan dari adaptasi stay at home  banyak sekali menuai kecaman masyarakat. Karena tidak semua orang melakukan pekerjaan di rumah. Its okay kalau pekerja kantor tetapi bagaimana nasib rakyat kecil yang pekerjaannya di luar rumah seperti pedagang. Tidak bisa dipungkiri, seperti bapak saya yg bekerja sebagai pedagang keliling sangatlah terpengaruh dengan kebiasaan ini karena lebih banyak orang berdiam diri di rumah sehingga tidak ada orang yang membeli dagangan bapak saya sehingga memberi masalah baru untuk keluarga saya karena pemasukan berkurang karena dagangan yang belum terjual semua. Masalah yang lainnya adalah ketika seorang orang tua diharuskan untuk mendampingi anaknya dalam pembelajaran daring juga menimbulkan banyak masalah dari mulai orang tua yang pusing karena tidak paham dengan mapel yang diajarkan karena kondisi orang tua yang hanya tamatan SD sampai dengan keluhan orang tua yang kesusahan mengatur anaknya dalam pembelajaran daring.


Perubahan sosial memang kerap terjadi seiring waktu misalnya perubahan adaptasi yang saat ini digandrungi oleh hampir setiap orang dari berbagai kalangan misalnya belanja online. Kebiasaan belanja online ini sudah menjadi kebiasaan sebelum adanya pandemi virus Corona. Karena orang lebih mudah dan praktis membeli semua keinginan atau kebutuhan hanya lewat aplikasi. Kebiasaan ini semakin banyak dilakukan oleh semua orang pada masa pandemi ini karena semua orang tidak harus pergi keluar rumah untuk belanja kebutuhan atau keinginannya. Sehingga  pada masa ini banyak orang yang memilih untuk belanja lewat aplikasi. Perubahan perubahan kebiasaan ini kita harus jalankan sebaik mungkin dan sebijak mungkin karena itu semua demi kebaikan kita semua. Stay save and stay healthy guys.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ini Perayaanku Mana Perayaanmu

PEMETAAN POTENSI DESA PAMOTAN DENGAN MENGGUNAKAN GOOGLE MAPS